Sabtu, 15 Oktober 2011

Belajar sejarah melalui Uang Kuno

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum wr. wb.

Pada posting kali ini saya akan membahas hobi mengoleksi Uang atau bahasa kerenya Numismatik.

Numismatik adalah suatu hobi yang cukup langka di masyarakat Indonesia. Kebanyakan orang Indonesia tidak peduli dengan uang yang dimilikinya entah uang itu sudah "lecek" dan "kusam", padahal uanga adalah simbol kedaulatan negara yang memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Uang memiliki nilai sejarah yang tinggi , karena  di setiap adanya peristiwa sejarah pasti uang itu menjadi saksi bisunya,m lain dengan uang Commemorative yang dikeluarkan untuk memperingati peristiwa sejarah tersebut.


Nilai sebuah uang kuno ditentukan oleh tingkat kelangkaan, faktor sejarah dan kondisi fisik uang kuno tersebut.

Tadi siang hari Sabtu 15 Oktober 2011, saya pergi ke Pasar Taman Puring dalam meksud hati membeli Uang kuno untuk melengkapi koleksi album uang kuno saya yang Insya Allah di akhir tahun saat Pensi SMPN 41 Jakarta (SSN) saya akan adakan pemeran kecil bertama Oeang, Doeloe dan Sekarang. Setelah mencari-cari dari ujung ke ujung hingga bertanya berkali-kali, akhirnya kami sampai juga di kios Uang kuno yang dicari-cari sejak tadi.

Saya pun sempat mengobrol banyak dengan si penjual masalah hobi uang kuno. Beliau mengatakan bahwa mengkoleksi uang kuno adalah hobi yang harus diapresiasi karena dari mengkoleksi uang kuno , secara tidak langsung kita sedang terbawa ke suatu peristiwa bersejarah di masa lampau. Saya pun sependapat dengan beliau, karena dengan kita menyimpan suatu benda bersejarah (dalam artian sempit uang kuno) maka kita sudah berada dekat dengan saksi bisu suatu peristiwa bersejarah di masa lampau. Beliau juga sempat mengatakan kita harus pandai-pandai menjaga uang karena uang itu sangat berharga walaupun nominalnya kecil.

Alhamdulillah, saya cukup senang karena berhasil mendapatkan 3 lembar uang kuno lagi untuk melengkapi album saya. uang kuno yang baru saja tadi saya beli gambarnya saya tampilkan di posting ini.

Wassalamualaikum wr. wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar