Sabtu, 19 November 2011

10 Desain Uang Rupiah Terbaik

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada Posting kali ini, saya akan menyampaikan hasil penilaian desain mata uang Rupiah Indonesia yang didasarkan kepada Desain, Pengaman, Watermark, dan Penataan Gambar.

10. 5 Rupiah dan 10 Rupiah Seri RIS (1950)
Uang ini memuat gambar Ir. Soekarno selaku Presiden RIS pada saat itu. Desain uang ini lebih mirip US Dollar ketimbang desain uang kertas Indonesia lainya yang mencerminkan corak yang berbeda-beda.

9. 1 Rupiah dan 2 1/2 Rupiah Seri Pemandangan Alam 
(1951 dan 1953)

Uang ini memiliki Corak dan desain yang indah. Disebut Seri Pemandangan Alam karena memuat gambar pemandangan alam Indonesia. Terlihat hamparan sawah dan tersering pada pecahan1 Rupiah, dan  Panorama pantai yang indah pada pecahan 2 1/2 Rupiah. Seolah uang ini menyampaikan pesan bahwa Indonesia memiliki keindahan alam yang sangat indah seperti yang digambarkan pada lagu "Rayuan pulau Kelapa". Sayangnya uang ini tidak memiliki watermark. Uang ini dicetak oleh Security Banknote Company.

8.  10 Rupiah Seri Hewan (1957)
Uang ini bergambar Kancil pada bagian depan. Desain uang ini agak mirip dengan Seri Bunga 1959. uang ini memiliki perpaduan warna yang serasi  dan juga penempatan gambar yang baik dibandingkan pecahan lainya pada Seri Hewan 1957.

7. 20000 Rupiah (1995)
Uang ini memiliki Desain dan penempatan gambar yang baik. Benang pengaman berwarna perak membuat uang ini sulit dipalsukan. Gambar Cendrawasih dan tanaman cengkih membuat uang ini tampak berwarna-warni dan menarik.

6. 100 Rupiah Seri Bunga (1959)
100 Rupiah Bunga dibawah sinar ultraviolet
Uang ini merupakan uang Indonesia yang pertamakalinya menggunakan pengaman ultraviolet. Perpaduan warna yang menarik dan desain yang bagus membuat uang ini tampak indah. Ketika uang ini disinari sinar ultraviolet, benang pengaman dan gambar bunga akan berpendar dengan indahnya.
5. 1000 Rupiah Seri Kebudayaan (1952)

Uang ini memiliki desain dan corak yang Indah sekaligus mencerminkan kekayaan budaya Indonesia. Perpaduan warna yang indah membuat uang ini menjadi buronan para kolektor dalam negeri maupun manca negara.

4. 20000 Rupiah (2004)


Pecahan 20000 Rupiah dibawah  sinar ultraviolet
Uang ini memiliki desain dan pengaman yang baik, meskipun perpaduan warna pada gambar depan kurang menarik dan monoton. Ketika disinari ultraviolet, bagian belakang uang ini akan berpendar dengan indahnya.  seolah-olah menggambarkan para pemetik teh disaat fajar baru menyingsing.

3. 50000 Rupiah (2004)

Pecahan 50000 Rupiah dibawah sinar ultraviolet
 Percampuran desain ethnic dan desain modern membuat uang ini menjadi sangat menarik. Meskipun bagian depan uang ini tidak memuat banyak gambar berpendar. Sebuah gambar penari bali akan terlihat ketika uang ini disinari ultraviolet padsa bagian belakang. Uang ini seolah menyampaikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang teguh memelihara adat dan budaya tetapi juga modern.

 2. 5000 Rupiah (1992)

Gambar Sasando Rote dan Danau Tiga Warna yang berwarna-warni pada uang ini ditambah penempatan gambar yang baik membuat uang ini tampak indah dan menarik. uang ini seolah menyampaikan pesan bahwa Bangsa Indonesia memiliki keindahan alam dan corak kebudayaan yang kental.

##1*## 
10000 Rupiah (1975)
Merupakan kunci dari seluruh uang kertas di indonesia. Uang ini memiliki corak yang indah dan khas. Gambar relief seolah mengingatkan kita akan kejayaan dan supremasi Bangsa Indonesia dimasa lalu, dan tentunya uang ini memiliki corak kebudayaan yang kental. Desain yang baik dan juga keserasian warnanya telah mengantarkan uang ini ke posisi teratas desain uang kertas terbaik di Indonesia dan bahkan se-Asia, hingga saat ini.



Junalies, Desainer Senior PERURI 
Uang ini didesain oleh Junalies (Bukittinggi, 14 Juni 1924 - Jakarta, 10 September 1976), seorang desainer uang peruri dari tahun 1955 hingga beliau wafat pada tahun 1976.







2 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Suzan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp700,000,000 (700 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: Suzaninvestment@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: Amisha1213@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: Lukman.karina@yahoo.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus